KEBIJAKAN PRIVASI

 

Perjanjian ini tentang Kebijakan Privasi (“Kebijakan Privasi”) dibuat dan ditandatangani secara elektronik oleh dan antara:

1.360Kredi (sebagaimana didefinisikan di bawah ini); dan

2.Pengguna (sebagaimana didefinisikan di bawah ini),

360Kredi dan Pengguna secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak” dan masing-masing sebagai “Pihak”.

 

Ketentuan Umum

PT Inovasi Terdepan Nusantara ("360Kredi") adalah perusahaan penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasi Teknologi Informasi (LPBBTI) yang didirikan sebagai perseroan terbatas berdasarkan hukum Republik Indonesia dengan menjalankan kegiatan usahanya yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (“POJK 10”), termasuk namun tidak terbatas pada penerusnya yang sah atau penerima pengalihannya yang memiliki hak dan kuasa untuk mengelola dan mengoperasikan Layanan (sebagaimana didefinisikan di bawah) dan/atau Platform 360Kredi.

Layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi ("Layanan") adalah layanan yang disediakan oleh 360Kredi untuk mempertemukan Pemberi Dana dengan Penerima Dana dalam rangka membuat Perjanjian Pembiayaan dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Layanan ini disediakan 360Kredi sesuai dengan kebijakan, aturan ataupun prosedur internalnya yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya. Pengguna setuju bahwa dengan terus menggunakan Layanan, Pengguna dianggap menerima dan menyetujui perubahan dari Layanan tersebut.

Layanan ini disediakan dan diberikan 360Kredi melalui Platform 360Kredi. “Platform 360Kredi” adalah fasilitas teknologi informasi yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh 360Kredi dalam menyediakan Layanan, yakni (a) portal web dan atau versi seluler dari portal web 360Kredi yang saat ini terdapat di dan dapat diakses pada URL berikut: www.360Kredi.id; dan/atau (b) aplikasi seluler dari 360Kredi, termasuk android, yang mana dapat diubah dari waktu ke waktu.

Dalam menjalankan kegiatan usaha 360Kredi, 360Kredi diwajibkan untuk menaati Hukum yang berlaku (sebagaimana didefinisikan di bawah), termasuk peraturan OJK. Kebijakan Privasi ini mengatur hak dan kewajiban 360Kredi, dan juga kewajiban terkait Data Pribadi Pengguna (sebagaimana didefinisikan di bawah), dan juga data atau informasi lainnya sehubungan dengan akses atau penggunaan Platform 360Kredi dan/atau Layanan oleh Pengguna.

Masing-masing dan seluruh ketentuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini mengikat, dan akan dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh masing-masing Pengguna, dan perlu dipahami dan dipatuhi oleh masing-masing Pengguna.

 

Kebijakan Privasi ini akan secara sah dan hukum mengikat Pengguna sejak tanggal:

(i)Pengguna mengklik, mencentang atau sebaliknya mengindikasikan maksud Pengguna untuk menerima atau menyetujui Kebijakan Privasi ini atau Syarat dan Ketentuan (sebagaimana didefinisikan di bawah), yang mana pilihan terkait tersebut dibuat tersedia pada Platform 360Kredi; dan/atau

(ii)  Pengguna menggunakan Layanan dan/atau Platform 360Kredi.

 

Kebijakan Privasi ini terus berlaku kepada Pemberi Dana selama:

(i)Pemberi Dana terdaftar sebagai Pengguna pada Platform 360Kredi dan/atau merupakan seorang pihak dari perjanjian yang menginisiasi, formalisasi dan mengikat secara sah Pemberi Dana sebagai Pengguna Layanan dan 360Kredi sebagai penyedia Layanan melalui Platform 360Kredi berdasarkan POJK 10/2022; dan/atau

(ii)Pemberi Dana masih memiliki hak tagih atas pengembalian, pembayaran dan pelunasan kewajiban, kewajiban finansial, piutang dan hal serupa kepada Penerima Dana mana pun berdasarkan perjanjian pembiayaan, hutang piutang atau pinjam meminjam terkait berikut perubahannya dari waktu ke waktu termasuk dokumen pendukung (surat pernyataan, persetujuan, perjanjian larangan pengungkapan dan lain sebagainya) dan jaminan lainnya ("Perjanjian Pembiayaan").

 

Kebijakan Privasi ini terus berlaku kepada Penerima Dana selama:

(i)Penerima Dana terdaftar sebagai Pengguna pada Platform 360Kredi;

(ii)Penerima Dana masih memiliki kewajiban, tanggung jawab finansial, utang atau hal serupa terhadap Pemberi Dana dan/atau 360Kredi berdasarkan Perjanjian Pembiayaan; dan/atau

(iii)Penerima Dana masih dalam proses pengajuan permohonan perolehan pinjaman berikut penilaian terhadapnya oleh 360Kredi atau perwakilannya.

Perjanjian Privasi ini disusun dan akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari syarat dan ketentuan penggunaan Platform 360Kredi (“Syarat dan Ketentuan”). Kata atau istilah yang menggunakan huruf kapital yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini, kecuali jika ditentukan lain dalam Kebijakan Privasi ini atau jika konteksnya ditentukan lain, akan memiliki arti sebagaimana yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan.

 

Kata-kata dalam bentuk tunggal juga termasuk bentuk jamak dan begitu juga sebaliknya.

Kebijakan Privasi ini mengatur Data Pribadi (sebagaimana didefinisikan di bawah) yang (i) dikumpulkan dan diperoleh, (ii) digunakan, (iii) disimpan, (iv) diungkapkan (ditampilkan, diumumkan, disampaikan, disebarkan, dan/atau diberikan akses atasnya), (v) dihapus, dan (vi) diverifikasi, diproses, dan dinilai oleh 360Kredi sehubungan dengan akses dan penggunaan Platform 360Kredi oleh Pengguna (termasuk Layanan yang disediakan). Pengguna diwajibkan untuk membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini sebelum akses lebih lanjut oleh Pengguna atas Platform 360Kredi dan/atau Layanan. Dengan mengklik atau mencentang kotak yang menyatakan bahwa Pengguna menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi ini, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi ini dan menyatakan persetujuan Pengguna untuk secara sah terikat dan tunduk pada masing-masing dan seluruh ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi ini, dan memberi kewenangan kepada 360Kredi untuk (i) mengumpulkan dan memperoleh, (ii) menggunakan, (iii) menyimpan, (iv) mengungkapkan (menampilkan, mengumumkan, menyampaikan, menyebarkan, dan/atau memberikan akses atasnya), (v) menghapus, dan (vi) memverifikasi, memproses, dan menilai data dan informasi Pengguna sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini (termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi Pengguna (sebagaimana didefinisikan di bawah)).

360Kredi berhak untuk mengubah dan memperbarui Kebijakan Privasi ini kapan pun dengan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna melalui Platform 360Kredi atau dengan cara apa pun. Ketika 360Kredi melakukan perubahan tersebut, 360Kredi akan mempublikasikan versi terbaru dari Kebijakan Privasi pada Platform 360Kredi. Pengguna disarankan untuk secara seksama membaca dan memeriksa Kebijakan Privasi yang diubah dari waktu ke waktu. Jika Pengguna tidak setuju dengan perubahan dan pembaruan Kebijakan Privasi, Pengguna harus berhenti mengakses atau menggunakan Platform 360Kredi dan/atau Layanan. Dengan terus mengakses dan menggunakan Platform 360Kredi dan/atau Layanan, Pengguna dianggap menerima dan menyetujui perubahan dan pembaruan Kebijakan Privasi tersebut.

 

Ketentuan Khusus

Ruang Lingkup

1.1 Ruang lingkup atau cakupan definisi "Data Pribadi" meliputi segala data, keterangan, informasi, dokumen dan/atau turunannya milik Pengguna dan/atau pihak terkait dari Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan atau penyedia jasa bagi Pengguna) termasuk namun tidak terbatas pada data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya, sepanjang diizinkan Hukum yang berlaku (sebagaimana didefinisikan di bawah ini):

1.nomor Kartu Tanda Penduduk Indonesia, dan Informasi lainnya yang relevan dan/atau informasi lain yang dibuat berdasarkan Kartu Tanda Penduduk Indonesia Pengguna, seperti:

a.tempat dan tanggal lahir;

b.jenis kelamin;

c.status perkawinan;

d.status pendidikan;

e.nomor kontak;

f.status rumah;

g.jangka waktu tinggal di Indonesia;

h.nama anggota keluarga;

i.e-mail; dan/atau

j.kontak alternatif.

 

2.  penyerahan informasi kerja, seperti:

a.nama perusahaan;

b.alamat perusahaan;

c.nomor kontak perusahaan;

d.pendapatan per bulan;

e.jangka waktu kerja;

f.pekerjaan;

g.deskripsi pekerjaan;

h.nomor telepon penjamin;

i.foto Pengguna yang diunggah; dan/atau

j.domisili;

3.informasi mengenai lokasi Pengguna melalui global positioning system (“GPS”); dan

4.data, deskripsi, informasi dan/atau dokumen tambahan lain apa pun yang diwajibkan oleh pemerintah berdasarkan Hukum.

“Hukum” berarti setiap dan semua konstitusi, traktat, undang-undang, anggaran dasar, regulasi, tata cara, aturan, putusan, pertimbangan, aturan hukum umum, perintah, dekret, penetapan, perintah atau segala bentuk keputusan yang berlaku, penentuan atau persyaratan oleh atau yang dibuat atau dikeluarkan oleh, pemerintah, undang-undang, peraturan, administrasi, otoritas atau badan pengawas atau yudisial atau pengadilan, arbiter atau mahkamah dengan yurisdiksi yang kompeten, baik di Indonesia atau di tempat lain (sebagaimana telah diubah, ditambah atau diganti dari waktu ke waktu waktu) mengikat atau mempengaruhi Pengguna sebagaimana dimaksud dalam konteks penggunaan istilah, termasuk namun tidak terbatas pada POJK 10, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik, Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (masing-masing sebagaimana dapat diubah, ditambah, atau diganti dari waktu ke waktu).

 

Tujuan

2.1Data Pribadi dan informasi atau data lainnya yang dikumpulkan oleh 360Kredi dari Pengguna akan disimpan secara elektronik dan akan digunakan, dikelola, diakses, dinilai, diungkapkan, dan diproses dalam rangka sehubungan dengan penyediaan Layanan dan/atau akses ke Platform 360Kredi, sebagai berikut:

(a)untuk memfasilitasi penggunaan Layanan;

(b)untuk memproses Layanan yang melalui Platform 360Kredi;

(c)untuk menginformasikan secara terkini kepada Pengguna atas status transaksi;

(d)untuk membandingkan dan memverifikasi Informasi dengan pihak ketiga untuk memastikan bahwa Informasi yang diberikan adalah benar, akurat dan betul;

(e)untuk mengelola Akun Pengguna, memverifikasi dan melaksanakan transaksi keuangan sehubungan dengan Layanan;

(f)untuk meningkatkan tata letak dan/atau muatan tampilan Platform 360Kredi dan menyesuaikannya untuk Pengguna;

(g)untuk mengidentifikasi pengunjung Platform 360Kredi;

(h)untuk melaksanakan penelitian demografi dan perilaku Pengguna;

(i)untuk mengajukan laporan kepada OJK (jika diperlukan);

(j)untuk mengelola koneksi application programming interface (API) dengan pihak ketiga terkait;

(k)untuk hal-hal pemasaran dan/atau promosi; dan/atau

(l)untuk digunakan dengan cara lain yang diizinkan Hukum.

 

2.2Pengguna setuju untuk menggunakan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi. Untuk menghindari keraguan, Pengguna setuju bahwa 360Kredi dapat memindahkan, mengumpulkan, mengambil, menggunakan, memproses, dan/atau mengungkapkan informasi, termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi, (i) sehubungan dengan penyediaan Layanan dan/atau layanan kepada pihak pada Platform 360Kredi dan/atau (ii) sebagaimana dapat diubah untuk dikonsolidasi dan/atau anonimitas jika dianggap perlu untuk 360Kredi, kepada pihak ketiga termasuk namun tidak terbatas pada Appsflyer melalui www.appsflyer.com dan WIZ.AI melalui www.wiz.ai sebagaimana ditentukan dalam Pasal 2.1 dan 3 Kebijakan Privasi ini.

Pengguna dengan ini memberikan 360Kredi lisensi yang tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dapat dialihkan, disublisensikan, di seluruh dunia untuk menggunakan informasi dan/atau konten apa pun pada Platform 360Kredi yang Pengguna pasang, simpan, dan/atau masukan pada atau sehubungan dengan Platform 360Kredi ("Lisensi"). Lisensi ini akan terus beroperasi dan hanya berakhir jika Pengguna meminta 360Kredi secara tertulis untuk menghapus informasi dan/atau konten Pengguna di Platform 360Kredi. Para Pihak setuju bahwa permintaan dari Pengguna tersebut tidak akan mempengaruhi, dan 360Kredi tetap berhak untuk menggunakan informasi dan/atau konten Pengguna pada Platform 360Kredi yang telah dibagikan dengan pihak ketiga termasuk namun tidak terbatas pada Appsflyer melalui www.appsflyer.com dan WIZ.AI melalui www.wiz.ai dan/atau digunakan dalam dan/atau sebagai dasar untuk penyediaan Layanan dan/atau layanan kepada pihak lain termasuk namun tidak terbatas pada Appsflyer berdasarkan Platform 360Kredi.

2.3360Kredi dapat mengumpulkan dan memproses informasi dan/atau data mengenai perangkat yang digunakan Pengguna untuk mengakses atau menggunakan Platform 360Kredi. Hal ini untuk memungkinkan 360Kredi menyediakan beberapa fitur yang berguna bagi Pengguna, misalnya: fitur yang secara otomatis dapat mengoptimalkan efek kamera berdasarkan jenis perangkat, fitur yang dapat menonaktifkan layanan Platform 360Kredi pada mesin virtual, dll.

2.4360Kredi dapat mengumpulkan dan memproses informasi pada atau dari instrumen elektronik, dokumen, atau sistem yang mencakup pengenal unik, jenis dan pengaturan browser, jenis dan pengaturan perangkat, sistem operasi, alamat Wi-Fi, kontrol akses media (MAC) alamat, informasi jaringan seluler (termasuk nama penyedia dan nomor telepon dan/atau rincian kontak), dan nomor versi aplikasi.

2.5360Kredi dapat mengumpulkan dan memproses informasi lokasi Pengguna saat Pengguna menggunakan Platform 360Kredi. Ini untuk memungkinkan 360Kredi menyediakan beberapa fitur atau bantuan yang berguna atau Layanan yang disesuaikan untuk Pengguna, misalnya,: untuk menyediakan Pengguna dengan staf layanan pelanggan yang berbeda berdasarkan lokasi Pengguna, dll.

2.6360 Kredi dapat menentukan lokasi Pengguna dengan GPS, Bluetooth, dan mode pasif.

2.7360Kredi dapat meminta Pengguna untuk mengesahkan izin penggunaan internet untuk terhubung ke Platform 360Kredi (termasuk Layanan).

2.8360Kredi dapat meminta Pengguna untuk memberi otorisasi dan memberikan izin kepada Pengguna untuk menggunakan beberapa fungsi tertentu pada perangkat Pengguna agar Pengguna dapat menikmati fitur-fitur tertentu pada Platform 360Kredi, misalnya untuk menghidupkan layar, fungsi getar, dan fungsi notifikasi pada perangkat saat menerima pesan masuk dari 360Kredi.

2.9360Kredi dapat meminta Pengguna untuk memberi otorisasi dan memberikan izin kepada Pengguna untuk melakukan panggilan keluar di perangkat Pengguna sehingga lebih mudah bagi Pengguna untuk melakukan panggilan ke hotline Layanan.

 

Kebijakan Cookies

“Cookies” adalah jenis file yang berisi informasi yang dikirim oleh situs web ke hard disk komputer setiap pengunjung yang mengunjungi situs web untuk tujuan merekam informasi tertentu oleh komputer, seperti alamat protokol internet (IP), mengetik browser dan sistem operasinya (OS), hari, tanggal, dan jam ketika pengunjung mengakses situs web dan data dari aliran server small-click untuk memantau aktivitas pengaksesan situs web dan alamat situs web yang diakses oleh Pengguna. Cookies berfungsi untuk mengingat informasi penting yang akan membantu dalam menggunakan situs web, jika Pengguna memutuskan untuk mengunjungi situs web itu lagi di masa mendatang.

360Kredi menggunakan Cookies untuk berbagai keperluan seperti ketika Pengguna akan mengunjungi situs web Platform 360Kredi lagi, menghitung jumlah Pengguna, dan mengingat Pengguna terutama jika Pengguna menggunakan layanan di Platform 360Kredi.

Saat Pengguna mengakses atau menggunakan Platform 360Kredi, 360Kredi secara otomatis menggunakan Cookies. Jika Cookies diaktifkan, Cookies akan merekam sejumlah kecil data di situs web Platform 360Kredi yang dikunjungi Pengguna, dan Cookies akan membantu 360Kredi untuk melacak fitur yang paling diminati Pengguna dan konten yang Pengguna pernah kunjungi sebelumnya. Saat Pengguna mengunjungi situs web 360Kredi di lain waktu, Cookies akan mempermudah 360Kredi untuk menyesuaikan konten Platform 360Kredi untuk memenuhi kebutuhan Pengguna. Cookies ini tidak melacak informasi dan/atau data Pengguna (termasuk Data Pribadi) secara terpisah dan semua data Cookies 360Kredi dienkripsi sehingga situs web lain tidak dapat membacanya.

Jika Pengguna tidak ingin mengirim informasi “Cookies” tentang mereka, Pengguna dapat menonaktifkan Cookies Pengguna di fungsi browser web, dengan menggunakan “Opsi” di browser web untuk memilih untuk tidak menerima Cookies hard disk komputer atau memilih untuk meminta izin di komputer saat menerima Cookies. Klik “Bantuan” untuk mengetahui lebih lanjut tentang metode menerima Cookies yang ditentukan. Jika Pengguna mengatur pengaturan komputer Pengguna yang mengakibatkan ditolaknya Cookies pada komputer Pengguna, maka Pengguna tidak dapat menikmati semua fasilitas.

Penggunaan Cookies oleh banyak perusahaan lain tunduk pada kebijakan hak pribadi mereka sendiri, dan bukan Kebijakan Privasi ini. Pengiklan atau perusahaan lain tidak memiliki akses ke Cookies 360Kredi.

 

3.Cara Perolehan, Pengumpulan dan Penyimpanan Data Pribadi

360Kredi tidak akan menjual atau mengungkapkan (baik secara langsung atau tidak langsung), kepada pihak ketiga mana pun informasi Pengguna dan Data Pribadi yang dikumpulkan oleh 360Kredi, kecuali 360Kredi diharuskan melakukannya oleh Hukum dan peraturan yang berlaku atau 360Kredi telah memperoleh persetujuan tertulis sebelumnya dari masing-masing Pengguna terkait.

Terlepas dari hal di atas, Pengguna setuju bahwa 360Kredi dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dengan itikad baik untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam Pasal 2.1 Kebijakan Privasi ini atau untuk kegiatan bisnis sehari-hari 360Kredi, termasuk namun tidak terbatas pada:

(a)kepada penasihat pihak ketiga, pemasok, kontraktor, dan penyedia layanan yang telah dilibatkan 360Kredi untuk menjalankan bisnis 360Kredi atau mengoperasikan Platform 360Kredi, termasuk untuk aktivitas berikut:

i.menyediakan dukungan teknis, operasional atau dukungan pelanggan;

ii.menjadi host dan memelihara basis data 360Kredi; dan/atau

iii.memfasilitasi pembuatan akun Pengguna;

(b)kepada perusahaan induk 360Kredi, Afiliasi, anak perusahaan, dan anggota lain dari grup perusahaan 360Kredi;

(c)untuk memenuhi kewajiban 360Kredi berdasarkan Hukum;

(d)untuk mendeteksi, mencegah, atau mengatasi penipuan, masalah keamanan atau teknis atau untuk tujuan manajemen risiko lainnya;

(e)untuk melindungi atau membela hak hukum, Hak Kekayaan Intelektual, privasi, keamanan atau properti 360Kredi (dan perusahaan induk 360Kredi, atau Afiliasi 360Kredi, atau karyawan, agen dan kontraktor) atau Pengguna lain atau anggota masyarakat; dan/atau

(f)sebagai persyaratan pengalihan bisnis dan atau restrukturisasi internal, jika 360Kredi atau salah satu unit bisnis 360Kredi menjalani transaksi bisnis seperti penggabungan atau pengalihan oleh perusahaan lain, penjualan seluruh atau sebagian aset 360Kredi, atau jika bagian besar dari 360Kredi atau aset unit bisnis dijual atau dialihkan, pendirian usaha patungan, pengalihan, termasuk kebangkrutan atau proses serupa.

Beberapa pihak yang disebutkan di atas mungkin berlokasi atau berdomisili di yurisdiksi lain. Oleh karena itu, transfer informasi dan data Pengguna (termasuk Data Pribadi) dapat dilakukan secara lintas batas (ke luar negeri). Pengguna dengan ini memberikan wewenang kepada 360Kredi untuk melakukannya.

 

3.1  Batasan dan Ganti Rugi

3.1.1360Kredi akan menggunakan Informasi yang dihasilkan dari penggunaan Platform 360Kredi yang secara otomatis dikumpulkan oleh Pengguna ketika Pengguna berinteraksi dengan Platform 360Kredi, atau informasi lain yang diakses melalui API.

3.1.2360Kredi menghargai perlindungan privasi Pengguna dan 360Kredi menjaga kerahasiaan Informasi dan setiap informasi sehubungan dengan Akun milik Pengguna berdasarkan Kebijakan Privasi ini dengan:

(a)tidak mengungkapkan setiap Informasi kecuali sebagaimana diatur dalam Pasal 2.1 dan Pasal 3 Kebijakan Privasi ini;

(b)menjaga produk teknologi untuk mencegah akses komputer atau jaringan yang tidak sah;

(c)membatasi karyawan 360Kredi yang memiliki akses kepada data Pengguna;

(d)melakukan upaya pengamanan teknik untuk mengamankan penyimpanan Informasi; dan

(e)secara terus menerus mengawasi bahwa Informasi Pengguna terlindungi dan terdapat pengamanan untuk melindungi Informasi.

3.1.3360Kredi tidak mengumpulkan Informasi dan/atau Data Pribadi kecuali Pengguna telah secara khusus dan dengan sengaja memilih untuk mengungkapkan Informasi dan/atau Data Pribadi tersebut kepada 360Kredi.

3.1.4Pengguna perlu memperhatikan bahwa pesan yang dikirimkan melalui koneksi internet tidak dapat sepenuhnya dijamin keamanannya dan dapat tertahan, hilang atau mengalami perubahan. 360Kredi tidak bertanggung jawab atas pesan yang hilang, diubah oleh pihak ketiga, atau tertahan dan 360Kredi tidak bertanggung jawab secara material kepada Pengguna atau siapa pun atas kerusakan atau hal lainnya sehubungan dengan pesan yang dikirimkan oleh Pengguna kepada 360Kredi atau oleh 360Kredi kepada Pengguna melalui koneksi internet.

3.1.5Pengguna setuju untuk membebaskan, melepaskan dan mengganti rugi 360Kredi, Afiliasi, pemegang saham, direktur, komisaris, karyawan, sub-kontraktor, penyedia, dan atau agen 360Kredi atas setiap permintaan, gugatan, klaim, kerugian, kerusakan, termasuk biaya konsultan hukum, yang disebabkan oleh pelanggaran Kebijakan Privasi ini, Perjanjian Pembiayaan, Layanan dan/atau perjanjian lainnya oleh Pengguna dan 360Kredi.

3.2.Hak Pengguna Untuk Mengubah, Menambah, Memperbaharui dan/atau Menghapus Data Pribadi

3.2.1Pengguna pada setiap waktu berhak untuk menolak 360Kredi menggunakan dan/atau mengungkapkan Informasi untuk alasan apa pun dengan memberikan pemberitahuan tertulis kepada 360Kredi dengan bentuk komunikasi yang ditentukan pada Pasal [3.6.1] Kebijakan Privasi ini. Dengan menggunakan hak tersebut, Pengguna sepenuhnya menyadari bahwa 360Kredi tidak berada dalam posisi untuk melanjutkan penyediaan Layanan kepada Pengguna.

3.2.2Dalam hal terjadi perubahan Informasi, Pengguna wajib memperbarui Informasinya pada Akun Pengguna pada setiap waktu.

3.2.3Dalam hal Informasi yang telah disampaikan kepada 360Kredi tidak lagi relevan, maka Pengguna dapat meminta penghapusan Informasi tersebut melalui Pusat Bantuan yang tersedia pada aplikasi 360Kredi atau informasi kontak yang tercantum pada Pasal 3.2.4 di bawah ini.

3.2.4Whatsapp Resmi: +62815-10070-360 dan +62856-52204-445

Telepon: +6221-50880188

Alamat Email: cs@360Kredi.id

Jam Operasional: Senin – Jumat, Pukul 09:00 – 18:00 dan Sabtu Pukul 09:00 – 15:00

Alamat: Sequis Center Lantai 10, Unit No. 1012

Jl. Jend Sudirman Kav.71, Jakarta Selatan

DKI Jakarta 12190

3.3. Hak Pengguna Untuk Menentukan Klasifikasi Rahasia dan Tidak Rahasia dari Data Pribadi

3.3.1360Kredi tidak berupaya memperoleh Informasi Pengguna yang sensitif seperti nama pengguna, kata sandi dan rincian kredit untuk alasan apa pun yang berbahaya, dengan cara menyembunyikannya dalam Layanan.

3.3.2Dengan mengakses Platform 360Kredi, Pengguna dengan sah mengakui dan menyetujui bahwa Pengguna memiliki hak untuk menanyakan 360Kredi mengenai bagaimana pengelolaan Informasi dapat dilaksanakan untuk tujuan pemasaran (jika ada). Sebelum informasi dikumpulkan, 360Kredi akan memberitahu Pengguna jika 360Kredi menggunakan Informasi untuk tujuan tersebut.

3.4. Keamanan data

360Kredi telah mengambil dan akan mengambil langkah-langkah keamanan dan tindakan pencegahan untuk melindungi Data Pribadi Pengguna dari akses, penggunaan, dan pengungkapan tidak sah ke Data Pribadi tersebut. Data Pribadi Pengguna akan dihapus secara permanen jika tidak lagi dibutuhkan oleh 360Kredi. Bagaimanapun, 360Kredi tidak akan menghapus Data Pribadi tersebut dalam jangka waktu di mana 360Kredi diwajibkan oleh Hukum untuk menyimpannya.

360Kredi harus mematuhi Hukum dalam menangani pelanggaran data dan insiden keamanan, termasuk jika diperlukan, untuk memberi tahu Pengguna terkait hal tersebut.

3.5. Pembebasan

3.5.1Pengguna dengan ini mengakui bahwa Pengguna sepenuhnya sadar dan menerima bahwa Platform 360Kredi mungkin melibatkan dan/atau mungkin memasukkan konten, data, dan/atau informasi yang dimiliki oleh atau dari pengguna lain dari Platform 360Kredi dan pihak ketiga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada informasi atau data baik dalam bentuk teks, foto, dan data pribadi lainnya secara ilegal disalin, dicetak ulang, dirusak, atau digunakan dengan cara tindakan tidak sah lainnya oleh pihak mana pun. Pengguna selanjutnya setuju bahwa 360Kredi, sebagai penyedia layanan web dan pemilik Platform 360Kredi, tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas konten, data, dan/atau informasi yang digunakan, disediakan dan/atau ditampilkan oleh pengguna lain dan atau pihak ketiga di forum, halaman beranda pribadi, atau area interaktif lainnya dari Platform 360Kredi, dan 360Kredi tidak akan bertanggung jawab atas konsekuensi negatif, ketidakakuratan, kesalahan, dan/atau gangguan lainnya di Platform 360Kredi yang dihasilkan dari, yang timbul dari, atau terkait dengan konten, data, dan/atau informasi pihak ketiga. Pengguna memahami bahwa risiko atau konsekuensi tersebut di atas akan sepenuhnya ditanggung oleh Pengguna.

3.5.2Kata sandi Pengguna adalah kunci untuk masuk ke akun Pengguna. Pengguna setuju untuk menggunakan angka, huruf dan karakter khusus dan unik untuk kata sandi Pengguna. Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak boleh memberikan atau membagikan kata sandi Pengguna kepada siapa pun. Jika Pengguna memberikan atau membagikan kata sandi Pengguna dengan pihak lain, baik secara langsung maupun tidak langsung, Pengguna dengan ini setuju dan menerima secara tegas bahwa Pengguna akan bertanggung jawab penuh dan semua konsekuensi yang relevan. Pengguna mengakui bahwa jika Pengguna kehilangan kendali atas kata sandi Pengguna, termasuk dengan membagikan atau memberikannya kepada pihak lain mana pun baik secara langsung maupun tidak langsung, Pengguna dapat kehilangan kendali atas Data Pribadi Pengguna dan informasi lain yang diberikan kepada 360Kredi. Oleh karena itu, jika Pengguna memiliki alasan kuat untuk meyakini bahwa sandi Pengguna telah disalahgunakan, Pengguna harus segera menghubungi 360Kredi dan mengubah kata sandi Pengguna.

3.5.3Pengguna dengan ini setuju dan mengakui secara tegas bahwa 360Kredi tidak akan bertanggung jawab kepada Pengguna atau pihak mana pun atas kerugian atau kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh Pengguna dari penggunaan Layanan dan/atau Platform 360Kredi, sehubungan dengan konten apa pun yang ditampilkan, disimpan, atau diunggah oleh Pengguna, pengguna lain atau pihak ketiga mana pun, ke atau pada Platform 360Kredi, dan bahwa konten tersebut adalah tanggung jawab pengguna atau pihak terkait.

3.5.4Pengguna dengan ini setuju dan mengakui secara tegas bahwa 360Kredi tidak akan bertanggung jawab kepada Pengguna atas peretasan, virus komputer atau ponsel, penggunaan ilegal dan/atau bentuk lain dari kerusakan atau kehilangan akun Pengguna atau rincian kata sandi karena kegagalan Pengguna dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan akun Pengguna atau rincian kata sandi. Pengguna harus segera menghubungi 360Kredi dan 360Kredi dapat memberikan bantuan yang diperlukan dengan itikad baik jika Pengguna menemukan penyalahgunaan akun Pengguna atau keadaan di mana telah terjadi pelanggaran keamanan.

3.5.5Pengguna dengan ini setuju dan mengakui bahwa 360Kredi tidak memberikan jaminan apa pun yang tersirat, tersurat atau menurut undang-undang:

i.pada aksesibilitas berkelanjutan dan/atau tidak terputus dari Layanan dan/atau Platform 360Kredi; dan

ii.pada keamanan aspek apa pun dari Platform 360Kredi, atau gangguan, gangguan, atau kekurangan akses, sistem, server, atau kegagalan koneksi, kesalahan, pelanggaran keamanan, virus komputer, kode berbahaya, korupsi, penundaan operasi atau transmisi, transmisi kesalahan atau tidak tersedianya akses sehubungan dengan penggunaan Pengguna atas dan akses ke Platform 360Kredi yang disebabkan oleh alasan apa pun di luar kendali 360Kredi akan diperbaiki atau dibuat ulang oleh 360Kredi.

 

3.5.6360Kredi menawarkan pencarian pinjaman dan layanan rujukan gratis. Oleh karena itu, Pengguna dengan ini mengakui secara tegas bahwa Pengguna sepenuhnya menyadari bahwa setiap biaya di muka (pembayaran di muka) yang ditemui selama proses pinjaman melalui atau menggunakan Platform 360Kredi bukanlah biaya yang dibebankan oleh 360Kredi dan bersifat penipuan.

3.5.7360Kredi berhak mengambil segala tindakan hukum dan/atau tuntutan jika terjadi kerugian atau kerusakan yang diderita oleh 360Kredi yang disebabkan oleh Pengguna.

3.5.8360Kredi dapat menyediakan tautan eksternal yang merujuk atau mengarahkan Pengguna ke sistem elektronik lain yang dimiliki atau dioperasikan oleh pihak ketiga melalui Platform 360Kredi. Pengguna mengakui, memahami, dan menyetujui bahwa 360Kredi tidak memiliki kendali atas konten sistem elektronik pihak ketiga. Dengan demikian, Pengguna menerima bahwa 360Kredi tidak bertanggung jawab atau berkewajiban, dan berjanji untuk tidak meminta 360Kredi untuk bertanggung jawab atau berkewajiban, untuk setiap konten yang dibuat atau dibagikan melalui sistem elektronik pihak ketiga, dan untuk risiko dalam mengakses dan menggunakan tautan eksternal tersebut. Pengguna sangat disarankan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang berlaku untuk sistem elektronik pihak ketiga sebelum melanjutkan akses Pengguna ke atau penggunaan sistem elektronik pihak ketiga.

3.6 Lain-lain

3.6.1Jika Pengguna ingin memberikan komentar, masukan, atau sanggahan mengenai salah satu atau semua konten, Layanan, atau Platform 360Kredi, Pengguna dapat mengirimkannya melalui fitur chatting yang disediakan 360Kredi, ke alamat email 360Kredi, atau meninggalkan komentar di media sosial 360Kredi yang dibuat oleh 360Kredi. 360Kredi dapat menggunakan komentar, masukan, atau sanggahan Pengguna untuk pengembangan lebih lanjut dari Platform 360Kredi dan/atau Layanan dan 360Kredi juga dapat menampilkannya pada Platform 360Kredi. Pengguna bertanggung jawab atas komentar Pengguna dan harus memastikan bahwa komentar Pengguna tidak melanggar Hukum, kesusilaan, kepatutan, hak pihak lain, dan/atau Kebijakan Privasi ini.

3.6.2Kebijakan Privasi ini dan kewajiban non-kontraktual yang timbul dari atau sehubungan dengan itu diatur dalam hukum Republik Indonesia.

3.6.3Jika ada perselisihan yang timbul dari atau sehubungan dengan, di luar, atau berdasarkan Kebijakan Privasi ini antara Para Pihak ("Sengketa"), maka Sengketa harus diselesaikan secara damai melalui musyawarah untuk mencapai mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal pemberitahuan sengketa tertulis pertama dari salah satu Pihak terkait Sengketa tersebut.

Jika Para Pihak tidak dapat mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan Sengketa dalam jangka waktu tiga puluh (30) hari kalender sebagaimana dimaksud di atas, maka salah satu Pihak dapat mengajukan Sengketa kepada badan arbitrase sesuai dengan aturan yang berlaku dalam Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”), badan hukum berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. AHU-0064837.AH.01.07.TAHUN 2016 tanggal 20 Juni 2016 dan pada saat penandatanganan Kebijakan Privasi ini bertempat di Gedung Sovereign Plaza, Lt. 8, Jl. T.B. Simatupang Kav. 36 Jakarta 12430, (dapat diartikan termasuk alamat kantor pusat yang baru jika terjadi perubahan alamat kantor pusat dari waktu ke waktu). Arbitrase akan dilaksanakan dalam [bahasa Indonesia] di Indonesia sesuai dengan aturan dan prosedur arbitrase BANI (selanjutnya disebut “Peraturan Arbitrase BANI”), yang pada tanggal Kebijakan Privasi ini diatur dalam Peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia. No: PER-03 / BANI / 09/2016 tanggal 8 September 2016 tentang Peraturan dan Acara Mediasi dan Med-Arb.

Dewan Arbitrase (“Dewan Arbitrase”) terdiri dari 3 (tiga) arbiter: masing-masing Pihak harus memilih satu arbiter, dan 2 (dua) arbiter yang ditunjuk harus menunjuk arbiter ketiga; apabila 2 (dua) arbiter yang ditunjuk gagal mengangkat arbiter ketiga dalam waktu 60 (enam puluh) hari kalender setelah penunjukan, maka penunjukan akan dilakukan, atas permintaan salah satu Pihak, oleh Ketua BANI sesuai dengan peraturan tersebut. Setiap pihak yang bersengketa hanya diperbolehkan memanggil 5 (lima) saksi fakta. Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat Para Pihak dan harus diberlakukan di setiap yurisdiksi yang kompeten ("Putusan Arbitrase"). Untuk menghindari keraguan, setiap pemberitahuan tentang arbitrase, tanggapan atau komunikasi lain yang diberikan kepada atau oleh Pihak dalam arbitrase harus diberikan dan dianggap diterima sebagaimana diatur dalam Peraturan Arbitrase BANI.

Para Pihak mengetahui dan mengakui bahwa pada tanggal Kebijakan Privasi ini ditandatangani, terdapat lebih dari 1 (satu) lembaga arbitrase BANI, termasuk BANI sebagaimana tersebut di atas. Apabila di kemudian hari terdapat undang-undang, peraturan, dan/atau putusan pengadilan yang bersifat final dan mengikat yang mengakui BANI lain selain tersebut di atas sebagai wadah penyelesaian sengketa antar Para Pihak (“BANI Definitif”), maka kedua Pihak sepakat kepada, dan berdasarkan itikad baik, untuk merujuk, menggunakan dan mematuhi arbiter, putusan serta Peraturan BANI dari BANI Definitif tersebut dalam penyelesaian sengketa melalui mediasi atau arbitrase sebagaimana ditentukan di atas.

Para Pihak setuju bahwa tidak ada proses hukum yang akan dilakukan terhadap masalah apa pun yang timbul dari atau terkait dengan Kebijakan Privasi ini, kecuali untuk melaksanakan putusan apa pun sesuai dengan Putusan Arbitrase di pengadilan yang memiliki yurisdiksi untuk pelaksanaannya. Sehubungan dengan tindakan hukum yang diambil di Indonesia untuk menegakkan Putusan Arbitrase, Para Pihak terikat dan secara tidak dapat ditarik kembali memilih domisili tetap di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Tanpa membatasi sifat umum yang disebutkan di atas, Para Pihak secara tegas mengesampingkan undang-undang, keputusan atau kebijakan Republik Indonesia yang menyatakan bahwa tidak ada pihak yang berhak untuk mengajukan banding atau keberatan terhadap Putusan Arbitrase. Para Pihak mengesampingkan pemberlakuan Pasal 48 ayat (1) Undang-Undang No. 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa (“UU Arbitrase”) dan setuju bahwa arbitrase tidak akan diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Sehubungan dengan pelaksanaan Pasal 56 ayat (1) UU Arbitrase, Para Pihak dengan ini setuju, secara tegas, bahwa Badan Arbitrase akan terikat sepenuhnya oleh aturan hukum yang ketat dalam mengambil keputusannya dan tidak boleh memberikan putusan aequo et bono.

3.6.4Tidak ada Pihak yang bertanggung jawab atas kegagalan dalam melaksanakan kewajibannya berdasarkan Kebijakan Privasi ini jika kegagalan tersebut disebabkan oleh peristiwa Keadaan Kahar, dengan ketentuan bahwa Pihak yang mengalami Keadaan Kahar akan terus melaksanakan kewajiban ini segera setelah Keadaan Kahar berhenti atau mereda. Untuk tujuan Kebijakan Privasi ini, "Keadaan Kahar" berarti setiap peristiwa yang (i) di luar kendali wajar Pihak yang mengalami peristiwa tersebut dan (ii) tidak dapat diprediksi sebelum Para Pihak menandatangani Kebijakan Privasi ini, termasuk namun tidak terbatas terhadap bencana alam, ketentuan undang-undang atau kebijakan oleh instansi pemerintah yang melarang penyediaan Layanan dan/atau penggunaan Platform 360Kredi, kondisi ambien dan kontaminasi tanah atau lapisan bawah permukaan oleh bahan berbahaya, kondisi cuaca buruk, gelombang dan tekanan nuklir, atau alam lainnya atau bencana fisik, kekurangan atau pembatasan pasokan listrik, kebakaran, pemogokan, penutupan perusahaan atau gangguan industri lainnya, perang, pemberontakan, kerusuhan, epidemi, pandemi, pemogokan atau kerusuhan massal, terorisme, tanah longsor, gempa bumi, gangguan sipil, ledakan. Untuk menghindari keraguan, Para Pihak setuju bahwa Keadaan Kahar tidak termasuk kurangnya atau tidak adanya dana Pengguna.

3.6.5Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera Nasional, Bahasa, Lambang dan Lagu Kebangsaan ("UU 24") dan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia, Kebijakan Privasi ini ditandatangani dalam versi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika terdapat ketidakkonsistenan atau perbedaan interpretasi antara versi bahasa Indonesia dan versi bahasa Inggris, versi bahasa Inggris dari Kebijakan Privasi ini yang akan berlaku dan versi bahasa Indonesia akan dianggap diubah secara otomatis (berlaku sejak tanggal penandatanganan versi bilingual ini) untuk membuat bagian yang relevan dari versi bahasa Indonesia sesuai dengan bagian yang relevan dari versi bahasa Inggris.

Setiap Pihak setuju dan mengakui bahwa ia: (i) memahami sepenuhnya isi dan arti Kebijakan Privasi ini dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan (ii) menandatangani Kebijakan Privasi ini sebagai kewajiban yang mengikat dan dapat dilaksanakan kepada Pihak tersebut atas dasar saling menguntungkan itikad baik tanpa ancaman dan/atau manipulasi dalam bentuk apa pun. Dengan demikian, masing-masing Pihak setuju bahwa ia tidak akan melakukan tindakan apa pun di bawah ini di forum mana pun di yurisdiksi mana pun untuk alasan apa pun (termasuk atas dasar kegagalan apa pun oleh suatu Pihak untuk mematuhi UU 24 dan/atau peraturan pelaksananya masing-masing (bersama-sama, "Undang-Undang Bahasa")):

(a)mengajukan keberatan atas keabsahan, atau mengajukan keberatan apa pun terhadap Kebijakan Privasi ini atau transaksi yang dimaksud dalam Kebijakan Privasi ini;

(b)membela non-kinerja atau pelanggaran kewajibannya berdasarkan Kebijakan Privasi ini;

(c)menyatakan bahwa Kebijakan Privasi ini bertentangan dengan kebijakan publik atau bukan merupakan kewajiban hukum, sah dan mengikat, yang dapat diberlakukan terhadapnya sesuai dengan ketentuannya, atas dasar kegagalan untuk mematuhi Undang-Undang Bahasa;

(d)membantu pihak ketiga lainnya dalam melakukan tindakan apa pun yang ditetapkan dalam poin (a)-(c) di atas; dan/atau

(e)melakukan tindakan lain yang serupa dan/atau memiliki efek serupa dengan tindakan yang ditetapkan dalam poin (a)-(d) di atas.

3.6.6Jika sewaktu-waktu terbukti bahwa suatu ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini tidak sah atau menjadi tidak sah, tidak dapat diberlakukan atau tidak dapat diberlakukan di yurisdiksi tertentu, keabsahan, keberlakuan, dan implementasi ketentuan lain dari Kebijakan Privasi ini, atau ketentuan tersebut dari Kebijakan Privasi di yurisdiksi lain, tidak akan terpengaruh, diganggu, atau dibatalkan dengan cara apa pun. Kegagalan 360Kredi untuk menerapkan atau menegakkan hak dan ketentuan apa pun berdasarkan Kebijakan Privasi ini bukan merupakan pengabaian hak atau ketentuan atau keadaan lain apa pun.

3.6.7Pasal 3.6 akan tetap berlaku setelah pengakhiran Kebijakan Privasi ini.

3.6.8Untuk informasi lebih lanjut, Pengguna dapat mengunjungi halaman Pertanyaan Yang Sering Diajukan (frequently asked question (FAQ)) atau menghubungi 360Kredi melalui telepon, live chat dan layanan email.